Breaking News

Pengamanan Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Banjar Periode 2014-2019

Martapura, 04/09/2014 РDalam rangka pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Banjar hasil Pemilu Legislatif Tahun 2014 untuk Masa Jabatan 2014-2019, Polres Banjar menggelar personil sebanyak 289 orang guna melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut, baik pengamanan terbuka maupun tertutup. Pola pengamanan dibagi menjadi 4 Ring, yakni sebagai berikut : Ring I selaku perwira pengendali keamanan Kasat Reskrim, lokasi didalam gedung DPRD dimana sebagai tempat pengambilan sumpah/janji para anggota Dewan Kabupaten Banjar Periode 2014-2019, Ring II selaku perwira  pengendali keamanan Kasat Intelkam, lokasi disekitar teras/loby gedung DPRD, Ring III selaku perwira pengendali keamanan Kasat Sabhara, lokasi di halaman sekeliling gedung DPRD dan Ring IV selaku perwira pengendali keamanan Kasat Lantas, lokasi di jalan pintu masuk dan keluar halaman gedung DPRD serta jalan utama jalur lalu lintas. Masing-masing Satuan Fungsi melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai peran masing-masing secara proporsional dan profesional.20140904_092520
Guna mendukung keamanan dibeberapa tempat pada bagian gedung DPRD telah dipasang monitor CCTV dan sehari sebelum serta 2 jam sebelum pelaksanaan kegiatan gedung DPRD telah diseterilkan dari benda-benda berbahaya oleh pasukan Detasemen Gegana Unit Jihandak Sat Brimob Polda Kalsel. Water Canon, Pasukan Dalmas dan Raimas Polres Banjar pun telah disiagakan disekitar gedung DPRD Kabupaten Banjar, hal ini merupakan SOP Polres Banjar dalam pelaksanaan pengamanan tersebut.
Adapun para calon anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2014-2019 hasil Pemilu Legislatif Tahun 2014 yang akan melaksanakan pengambilan sumpah/janji sebanyak 45 orang terdiri dari Golkar 13 orang, PPP 7 orang, Demokrat 4 orang, PAN 1 orang, PKB 5 orang, PKS 1 orang, PDIP 3 orang, PBB 2 orang, Nasdem 3 orang, Gerindra 4 orang, PKPI 1 orang dan Hanura 1 orang. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh undangan sebanyak 400 orang, yakni para keluarga calon anggota DPRD, Muspida Kabupaten Banjar, Muspika Kabupaten Banjar, para pimpinan instansi pemerintah, swasta dan BUMN, para tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM dan dari media cetak maupun elektronik.
Kegiatan Rapat Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Banjar dimulai pada pukul 09.30 Wita diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan Ketua DPRD, penyampaian laporan kegiatan oleh Sekretaris DPRD dan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Banjar hasil Pemilu Legislatif Tahun 2014 untuk periode 2014-2019 serta dilanjutkan penandatanganan berita acara dan penyematan pin.
Sementara diluar gedung DPRD Kabupaten Banjar tengah berlangsung unjuk rasa yang dilakukan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang memiliki sekretariat di komplek Pangeran Antasari No. 39 Martapura. Adapun tujuan melakukan unjuk rasa yakni ingin menyampaikan Rekomendasi PC. PMII Martapura kepada anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2014-2019 yang mana sebagai bentuk tanggungjawab sosial dan pengawasan terhadap anggota DPRD Kabupaten Banjar agar dapat meningkatkan kinerja dan citra sebagai anggota DPRD Kabupaten Banjar dari periode-periode sebelumnya. Bunyi dari rekomendasi tersebut sebagai berikut :
1. Merealisasikan janji-janji politiknya saat kampanye dengan mengedepankan kepentingan rakyat daripada kepentingan pribadi atau golongan.
2. Tidak melakukan korupsi dan tidak melakukan atau menerima gratifikasi.
3. Berperilaku yang sesuai dengan kultur Martapura sebagai kota serambi mekkah dan tidak berperilaku tercela.
4. Tidak sering keluar daerah dengan menggunakan APBD dengan alasan yang tidak jelas.
5. Transparansi dan keterlibatan publik dalam setiap agenda pembangunan dengan melibatkan media massa, LSM, Ormas, OKP dan masyarakat.
6. Memperhatikan pembinaan keagamaan seperti Ponpes dan majelis taklim.
7. Memperhatikan pembinaan generasi muda dengan memberikan anggaran yang proporsional, karena selama ini anggaran yang diberikan sangat minim.

 

Ahmad Jayadi selaku ketua PMII saat dikonfirmasi Humas Polres Banjar mengatakan, bahwa “apabila anggota Dewan yang baru sepakat dengan rekomendasi yang telah diajukan oleh PMII mereka harus menandatanganinya, apabila tidak kami tidak akan mendukung programnya dan berarti mereka tidak menepati janji-janjinya saat kampanye.” Demikian aspirasi yang disampaikan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Martapura dan pada pukul 11.30 Wita seiring kegiatan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2014-2019 selesai, para mahasiswapun dengan tertib membubarkan diri. Dan setelah anggota Dewan yang baru maupun para undangan meninggalkan gedung DPRD Kabupaten Banjar, selanjutnya Kabag Ops Polres Banjar Kompol Daulat Sipayung, S.Sos.,M.AP memimpin apel konsolidasi, bahwa kegiatan pengamanan dalam rangka pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Banjar hasil Pemilu Legislatif Tahun 2014 periode 2014-2019 telah selesai dilaksanakan dalam keadaan aman, lancar dan situasi kondusif. (http://humas-resbanjar.blogspot.com)
Scroll To Top